Kirab Gunungan Warnai Sedekah Bumi Desa Klampok

Pemerintah Desa Klampok, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar sedekah bumi bersama masyarakat setempat, Jumat (18/9)

Sedekah bumi yang diawali dengan atraksi gendruan Ayon-ayon ini dilanjutkan dengan menggotong hasil bumi dari Desa Klampok. Hasil bumi tersebut antara lain jamur tiram, hasil pertanian dan palawija lainnya.

Sedekah-bumi-klampok

Kepala Desa Klampok, Ahmad Nurul Huda, menyampaikan, Sedekah bumi ini ditujukan kepada Allah Swt sebagai rasa syukur atas limpahan nikmat dan rejeki di dunia. Meskipun kondisi pertanian saat ini kekurangan air, namun petani masih bisa panen dua kali dalam setahun.

“Kami mengadakan sedekah bumi ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Swt,” tandasnya.

Hasil bumi yang dibentuk menyerupai gunungan ini kemudian dikirab ke seluruh desa. Setelah itu, masyarakat berdoa bersama di sebuah punden. Punden ini dipercaya sebagai lokasi pertapaan sesepuh desa Klampok.

“Disinilah sesepuh desa melakukan pertapaan,” ujarnya.

Usai melakukan doa bersama, masyarakat memakan nasi, lauk, dan jajanan pasar yang sudah disediakan. Tak hanya itu, warga juga berebut gunungan yang dipercaya bisa membawa keberkahan bagi warga.(dwi/*mcb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *